Bahan Baby Canvas: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Perawatan

Bahan Baby Canvas: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan, Cara Perawatan

Apa itu Bahan Baby Canvas?

Bahan baby canvas merupakan salah satu jenis kain canvas yang paling lembut diantara jenis kain canvas yang lainnya. Dibandingkan dengan kain canvas yang lain karakteristik kain baby canvas masih cenderung lebih tipis tetapi bahan baby canvas sangat nyaman digunakan karena memiliki serat yang lembut, tidak kaku, kuat tidak mudah sobek, memiliki pori-pori kecil, dan bersifat fleksibel sehingga mudah dikreasikan dalam berbagai macam produk. Nama baby canvas pun terinspirasi dari kulit bayi yang begitu lembut.

Bahan baby canvas biasanya digunakan untuk industri fashion, banyak produk atau asesoris yang menggunakan bahan baby canvas ini. Jika biasanya kita sering mendengar bahan baby canvas digunakan untuk tas, ternyata tidak hanya bisa untuk tas saja melainkan sangat bisa digunakan untuk baju hingga asesoris seperti topi.

Selain dari karakteristik di atas, bahan baby canvas juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dan kekurangan ini akan membantu Anda dalam pemilihan bahan kain yang terbaik untuk digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Baby Canvas

Bahan baby canvas merupakan salah satu primadona industri fashion untuk pembuatan berbagai macam produk. Banyak yang memilih bahan ini karena :

  1. Bahan baby canvas tidak kaku seperti bahan canvas lainnya
  2. Bahan baby canvas memiliki tekstur kain yang lembut sehingga nyaman digunakan
  3. Bahan baby canvas tidak mudah kusut jika digunakan
  4. Bahan baby canvas kuat sehingga awet dan tahan lama digunakan
  5. Bahan baby canvas memiliki ketebalan yang pas, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis sehingga cocok untuk berbagai macam produk fashion terutama tas dan pouch
  6. Pilihan warna kain beragam serta bahannya mudah dikreasikan

Di atas merupakan kelebihan bahan baby canvas, jika ditelaah bahan baby canvas ini termasuk dalam bahan yang sangat aman dan nyaman digunakan. Dari segi harga, bahan baby canvas juga terjangkau daripada bahan canvas lainnya, tetapi tetap ada tingkatan harga tersendiri, semakin mahal semakin bagus dan tidak mudah pudar

Jika kita bicara kelebihan, pastinya ada kekurangan. Menariknya, kekurangan bahan baby canvas ini bisa dibilang sangat minim karena hampir tidak memiliki kekurangan yang signifikan. Secara bahan, kekurangan kain ini hanya lebih tipis dari bahan canvas yang lainnya tetapi secara tekstur dan lainnya memiliki kelebihan sesuai yang diinfokan di atas, bahkan dari segi perawatan bahan ini termasuk tidak sulit.

Cara Perawatan Baby Canvas

Bahan baby canvas yang dikenal lebih tipis dari bahan canvas lainnya ternyata memiliki cara perawatan yg perlu diperhatikan. Perawatan produk yang berbahan baby canvas ini tidak rumit, hanya harus memperhatikan langkah yang tepat karena bahan baby canvas cenderung lebih mudah kusam dan sulit dibersihkan jika terkena debu atau kotoran.

Cara perawatan produk yang terbuat dari bahan baby canvas :

  1. Produk berbahan baby canvas dicuci manual dengan tangan, apalagi jika produknya adalah tas, maka perlu untuk dicuci manual agar tidak merubah bentuk atau bahkan merusak bentuk tas. Jika harus dicuci dengan mesin cuci, disarankan menggunakan mesin cuci putaran rendah agar tidak merusak bahan ini.
  2. Produk bahan baby canvas yang baru dicuci untuk pertama kalinya, lebih baik tidak menggunakan detergen terlebih dahulu tujuannya agar warna dan serat kain bertahan lama.
  3. Untuk pencucian berikutnya bisa menggunakan detergen asalkan dengan cara yang tepat. Detergen tidak perlu terlalu banyak dan disarankan menggunakan detergen cair sekitar 2-3 tetes saja lalu dilarutkan dahulu ke dalam air setelahnya produk bahan baby canvas bisa disikat pelan-pelan secara halus dengan detergen yang sudah larut, hal ini perlu diperhatikan agar tidak merusak tekstur bahan baby canvas. Jangan langsung menuangkan detergen ke produk berbahan baby canvas tanpa dilarutkan dulu, karena akan merusak tekstur bahan ini.
  4. Setelah pencucian, produk bahan baby canvas lebih baik jangan dijemur langsung di bawah sinar matahari, cukup diangin-anginkan di tempat terbuka agar tidak membuat pudar atau kusam dan lebih awet. Jangan menjemur produk berbahan ini di dalam ruangan karena lembab sehingga akan memperlambat kering sehingga menimbulkan bau tidak sedap.
  5. Setelah kering, produk berbahan baby canvas ini bisa disetrika tetapi dengan suhu yang rendah hingga medium saja. Suhu terlalu tinggi akan merusak tekstur serat bahan baby canvas

Berikut merupakan cara perawatan bahan baby canvas. Dari yang telah dibahas di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa bahan baby canvas merupakan kain yang memiliki karakteristik tipis, lembut tetapi kuat yang banyak diminati oleh orang pada umumnya dikarenakan cara perawatannya pun mudah serta dapat menjadi bahan dasar untuk segala produk fashion maupun asesoris terutama tas.

Categories

More Posts

Send Us A Message

Form Pendaftaran

Newsletter

Daftarkan Email Anda untuk
mendapatkan informasi
terbaru, berita, atau promosi.

Newsletter

Information

Pembayaran bisa melalui :

Copyright © 2023 Tulipbag, All rights reserved.